Date : 23 Jun 2016 on 04:03 am | Comments : (0)

Apa kabar pembaca setia Artikel Bagus?Sudah cukup lama Artikel Bagus tidak mengupdate artikel kesehatan, maka untuk itu kali ini akan kembali dishare Artikel Kesehatan Gizi. Artikel kesehatan Gisi merupakan artikel yang sangat vital untuk dibaca, mengingat kegunaan dan manfaatnya bagi kesehatan kita. 


Artikel Kesehatan kali ini khusus khusus membahas tentang Artikel Kesehatan Gizi, bagaimana Gizi mempengaruhi kesehatan manusia dan penyakit-penyakit apa saja yang bisa ditimbulkan oleh kekurangan gizi.


Beragam masalah malnutrisi banyak ditemukan pada anak-anak. Dari kurang gizi hingga busung lapar. Lalu bagaimana membedakannya?

Masyarakat terhenyak saat berita mengenai busung lapar yang menimpa anak-anak di NTB marak mengisi media massa. Silang pendapat antarpejabat pun tak kalah marak. Ada yang mengomentarinya semata-mata sebagai “kecelakaan”, sebagian menyebutnya “sekadar” kurang gizi, dan sebagian lagi tegas-tegas mengatakannya sebagai busung lapar.

Secara umum, kurang gizi adalah salah satu istilah dari penyakit malnutrisi energi-protein (MEP), yaitu penyakit yang diakibatkan kekurangan energi dan protein. Bergantung pada derajat kekurangan energi-protein yang terjadi, maka manifestasi penyakitnya pun berbeda-beda. MEP ringan sering diistilahkan dengan kurang gizi. Sedangkan marasmus, kwashiorkor (sering juga diistilahkan dengan busung lapar atau HO), dan marasmik-kwashiorkor digolongkan sebagai MEP berat. Apa saja perbedaannya dan bagaimana ciri masing-masing?

Artikel Kesehatan Gizi  : Kurang Gizi
Penyakit ini paling banyak menyerang anak balita, terutama di negara-negara berkembang. Gejala kurang giziringan relatif tidak jelas, hanya terlihat bahwa berat badan anak tersebut lebih rendah dibanding anak seusianya. Rata-rata berat badannya hanya sekitar 60-80% dari berat ideal. Adapun ciri-ciri klinis yang biasa menyertainya antara lain:
  • Kenaikan berat badan berkurang, terhenti, atau bahkan menurun. 
  • Ukuran lingkaran lengan atas menurun.
  • Maturasi tulang terlambat.
  • Rasio berat terhadap tinggi, normal atau cenderung menurun. 
  • Tebal lipat kulit normal atau semakin berkurang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Leave a Reply

Required fields are marked *

Let me know if it gets a reply
Tulung
Alamat : tulung klaten
Telp : 0272 xxx