Date : 23 Jun 2016 on 04:32 am | Comments : (0)

Vemale.com - Puasa mungkin mudah dilakukan untuk orang dewasa, namun untuk anak-anak, puasa menjadi tantangan tersendiri,apalagi jika mereka harus membayangkan tidak makan dan minum dari pagi hingga sore hari.

Kamu juga tak bisa memaksakan anak untuk langsung puasa, ada beberapa pendekatan agar anak terbiasa dan nyaman dengan puasa. Seperti yang diungkapkan Pediatrician Dr Kalpana Sengupta dan Physician Specialist Dr Javaid Shah dari Dubai, ini yang bisa kamu lakukan dan agar puasa tak menjadi suatu hal yang dipandang menyeramkan untuk anak.

  • Tidurkan anak lebih awal saat malam hari

    Karena bukan hanya siklus makan yang berubah, tidur pun juga perlu diatur ulang selama Ramadan. Biasakan anak tidur lebih awal agar tidak lelah saat sahur dan tidak mengantuk saat sekolah.

     Menu sahur harus bergizi, berserat, dan sehat
  • Buatkan jus atau salad buah agar anak tak mudah dehidrasi saat siang hari. Sediakan lebih banyak sayur dan buah untuk makanan anak.

     Jangan tergesa-gesa saat sahur
  • Biarkan anak makan sahur tanpa tergesa-gesa. Anak umumnya lama saat makan, jadi lebih baik memulai sahur lebih awal. Buat waktu sahur menyenangkan, jangan buat anak terburu-buru saat sahur.

     
  • Biarkan anak tidur setelah sahur

    Tidur 8 jam per hari sangat diperlukan untuk anak. Cukup tidur akan membuat anak lebih siap berpuasa. Begitu juga dengan tidur siang, cara ini mampu membantu mengalihkan rasa haus dan lapar yang dirasa anak.

     Batasi aktivitas anak
  • Ingatkan anak untuk tidak banyak beraktivitas fisik yang membuat mereka cepat lelah, haus dan lapar. Bermain tidak masalah asal tidak berlebihan sehingga membuat mereka ingin membatalkan puasa.

     Ajak anak menyiapkan menu buka
  • Tanya mereka, makanan atau minuman apa yang ingin dimakan untuk berbuka. Siapkan menu favoritnya. Cara ini bisa membuat mereka lebih semangat menjelang buka puasa. 

     Hindari berpuasa tanpa sahur
  • Anak harus makan sahur untuk bisa menjalani puasa seharian penuh. Meski tak makna banyak, tapi pastikan ia sahur agar siang hari tak mudah lapar.

     Pastikan anak paham mengenai arti puasa dan mengapa mereka harus puasa agar anak termotivasi dan lebih semangat. Kamu bisa menerapkan tips di atas agar mereka merasa nyaman selama puasa Ramadan sebulan ya ladies.
     
     
     
     

Leave a Reply

Required fields are marked *

Let me know if it gets a reply
Tulung
Alamat : tulung klaten
Telp : 0272 xxx