Date : 17 Nov 2015 on 03:30 am | Comments : (3)

Rasa sakit nyeri gigi tak harus diatasi dengan menelan obat. Lada, garam, dan bawang dapat Anda jadikan obat sakit gigi yang mudah dibuat di rumah.

Sakit gigi sangat bervariasi, dari nyeri ringan sampai nyeri berdenyut hingga ke kepala.
Beberapa penyebab utama sakit gigi adalah gigi berlubang, infeksi, akar gigi menonjol, gigi retak, atau gangguan sendi rahang. Sebelum ke dokter gigi atasi rasa sakit dan nyerinya dengan obat-obatan yang ada di rumah.


1. Lada dan garam

Garam dicampur dengan lada sangat bermanfaat ketika sakit gigi datang. Keduanya memiliki kandungan antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti.

Campur lada dan garam dengan jumlah yang sama dalam beberapa tetes air agar berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta lada dan garam ini pada gigi yang sakit untuk beberapa menit. Lakukan setiap hari selama beberapa hari.

2. Bawang putih
Menggunakan bawang putih juga dapat membantu sakit gigi. Bawang putih memiliki sifat antibiotik dan sifat lain yang sangat efektif mengurangi rasa sakit.

Caranya mudah, campurkan satu siung bawnag putih yang telah dihaluskan dengan garam dan olesi pada gigi yang sakit. Jika Anda suka, Anda bisa mengunyah satu atau dua siung bawang putih. Ulangi pengobatan ini dalam beberapa hari.

3. Cengkeh



Cengkeh memiliki anti-inflamasi, antibakteri, antioksidan dan sifat anestesi yang membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah infeksi.

Tumbuk dua tangkai cengkeh, campur dengan sedikit minyak zaitun atau minyak sayur dan oleskan pada gigi atau Anda bisa menggunakan kapas dan menggosokkan langsung pada gigi yang sakit. Cengkeh yang sudah ditumbuk juga bisa dicampurkan dengan segelas air dan beberapa tetes minyak lalu gunakan sebagai obat kumur.

4. Bawang



Bawang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang dapat mengontrol sakit gigi. Bawang membantu meredakan rasa sakit dan membunuh kuman yang menyebabkan infeksi. Pertama-tama, kunyah bawang selama beberapa menit untuk mengurangi rasa sakit. Namun, jika Anda tidak mampu mengunyahnya, letakkan irisan bawang mentah langsung pada gigi.

5. Asafetida

Masalah gigi seperti sakit gigi dan gusi berdahrah dapat diobati dengan asafetida karena asafetida mengandung resin dan minyak atrisi. Siapkan sekitar setengah sendok makan Asafetida lalu campur dengan air lemon setengah sendok makan juga. Gunakan ramuan ini untuk mengobati sakit gigi dengan mengoleskannya menggunakan kapas. Atau Anda bisa menggorengnya dengan mentega dan meletakannnya pada gigi yang sakit.

Sakit gigi bisa mengganggu kegiatan Anda apalagi jika diiringi sakit kepala. Sebagai pertolongan pertama, gunakan bahan-bahan di dapur untuk meredam rasa sakitnya.

Sudah sejak lama orang memakai bahan-bahan alami seperti garam, cengkih dan daun jambu biji untuk mengatasi sakit gigi. Meskipun perlahan tetapi rasa sakit bisa berkurang.


6. Air garam hangat
Segelas air hangat dengan garam bisa membantu mengobati sakit gigi. Campur setengah sendok garam dalam segelas air hangat dan berkumurlah secara menyeluruh. Cara ini membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan, juga melawan bakteri penyebab infeksi.

7. Daun jambu biji



Daun jambu biji juga dapat meringankan sakit gigi, berkat anti-inflamasi, analgesik, dan sifat antimikroba. Kunyah satu atau dua lembar daun sampai khasiatnya mulai bekerja. Atau rebus 4-5 daun jambu biji, tambahkan garam, jika sudah tidak panas, gunakan untuk berkumur.

8. Ekstrak vanilli
Ekstrak vanilli merupakan obat sakit gigi rumahan yang populer karena membantu mematikan rasa sakit dan vanili memiliki efek menenangkan.
Teteskan ekstrak vanili ke kapas dan oleskan pada gigi yang sakit. Lakukan beberapa kali dalam sehari sampai sakitnya berkurang.

9. Jus wheatgrass



Wheatgrass memiliki sifat antibakteri alami yang akan membantu melawan kerusakan gigi dan meredakan sakit gigi. Ekstrak jus wheatgrass dapat digunakan sebagai obat kumur.
Jus ini akan menyerap racun dari gusi, mengurangi pertumbuhan bakteri dan mengontrol infeksi. Jika Anda mau, Anda juga bisa mengunyah wheatgrass.

10. Es batu
Es dapat membantu meringankan mati rasa ujung saraf. Bungkus es batu kecil dalam kain katun tipis. Tahan di pipi dekat gigi yang sakit selama beberapa menit.
Jika saraf Anda terkena minuman dingin, itu akan menyebabkan rasa yang lebih sakit. Sebuah teknik akupresur yang dapat meringankan rasa sakit gigi adalah untuk menggosok es batu antara jari telunjuk dan ibu jari selama beberapa menit.

Selain mencoba obat yang dapat meredakan sakit gigi ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi. Beberapa masalah gigi dan gusi memerlukan pengobatan lebih intensif dari pengobatan yang bisa Anda buat di rumah.sumber:detikFood


3 Comments

Jelly Gama Ungaran
Submitted On 03 Feb 2016 at 06:26 amReply ↓
Informasi yang sangat bagus dan luar biasa, terima kasih sudah berbagi dengan kami, sangat bermanfaat sekali. salam sehat

Jelly Gama Ungaran
Submitted On 03 Feb 2016 at 06:26 amReply ↓
Informasi yang sangat bagus dan luar biasa, terima kasih sudah berbagi dengan kami, sangat bermanfaat sekali. salam sehat

Jelly Gama Ungaran
Submitted On 03 Feb 2016 at 06:26 amReply ↓
Informasi yang sangat bagus dan luar biasa, terima kasih sudah berbagi dengan kami, sangat bermanfaat sekali. salam sehat

Leave a Reply

Required fields are marked *

Let me know if it gets a reply
Prambanan
Alamat : Jl. Raya Jogja-Solo KM 19 Kemudo, Prambanan, Klaten Kode 57454
Telp : 0274 498044, 7197117

Search

Welcome

Selamat datang di Puskesmas Prambanan Klaten