Date : 23 Jun 2016 on 03:25 am | Comments : (0)

 Kehamilan adalah hal yang sangat didambakan oleh seorang wanita yang sudah menikah, karena dengan hamil dan menjadi ibu, seorang wanita merasa telah menjadi seorang wanita yang sempurna. Kehamilan pun diharapkan adalah kehamilan yang sehat dan tidak beresiko bagi ibu maupun janin nya. Kondisi yang menimbulkan resiko pada ibu hamil maupun penyakit yang diderita ibu selama proses kehamilan pastinya akan memberikan dampak yang kurang baik bagi janin. Penyakit yang mungkin bisa ditularkan ibu kepada bayi selama berada di dalam kandungan salah satunya adalah AIDS yang disebabkan oleh Virus HIV.

AIDS merupakan penyakit yang sangat ditakuti karena sampai saat ini belum ditemukan obatnya.  Di Pedan sendiri sudah ada kasus, diantara nya pada Tahun 2014 seorang bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi HIV, Tahun 2015 seorang ibu hamil terdeteksi mengidap penyakit AIDS. Wanita hamil yang hidup dengan HIV berisiko meneruskan virus yang diidapnya kepada bayi ketika masih di dalam kandungan, selama proses persalinan, dan saat menyusui. Namun risiko ini dapat dikurangi dengan menjalani pengobatan. Hal ini perlu diketahui oleh masyarakat terutama oleh ibu hamil untuk mengurangi penularan AIDS kepada bayi yang dikandungnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Puskesmas Pedan telah melakukan Pelayanan Konseling dan Test HIV sejak Tahun 2015 yang petugas nya berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten. Sedangkan mulai April 2016 pelayanan sudah dilakukan oleh petugas dari Puskesmas Pedan. Tahapan pelayanan tersebut antara lain :

1. Konseling Pre Test

Konseling dilakukan oleh bidan desa sehingga diharapkan semua ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Pedan terlayani konseling. Saat konseling ini disampaikan informasi tentang AIDS dan HIV, penularan dan cara pencegahannya.

2. Test HIV

Setelah layanan konseling, ibu hamil diminta ke Puskesmas Pedan untuk diambil darahnya dan menjalani test HIV

3. Konseling Pasca Test

Pada tahapan ini, hasil test disampaikan :

  • Jika hasil nya negatif, dihimbau untuk selalu menjaga pola hidup yang sehat agar tidak terinfeksi. Untuk ibu hamil yang berisiko yang hasil test nya negatif tetapi berada dalam “Masa Jendela” disarankan untuk melakukan test ulang.
  • Jika hasil nya positif, akan dirujuk ke RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten untuk mendapat pelayanan tindak lanjut dan pengobatan.

Agar penularan HIV dari ibu hamil positif  HIV ke bayi yang dikandungnya bisa dicegah secara maksimal, lakukan pemeriksaan sedini mungkin yaitu pada trimester I (umur kehamilan 0-3 bln). Untuk semua ibu hamil terutama di wilayah kerja Puskesmas Pedan bisa menghubungi bidan desa setempat atau langsung datang ke Puskesmas Pedan untuk mendapatkan layanan Konseling dan Test HIV pada Ibu Hamil.


Leave a Reply

Required fields are marked *

Let me know if it gets a reply
Pedan
Alamat : Jobodan, Tambakboyo, Pedan, Klaten
Telp : 0272 897606

Search

Recent Comments

    Welcome

    Selamat Datang di Puskesmas Pedan