Date : 09 Jun 2014 on 09:17 am | Comments : (1)

Sampah merupakan suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari hasil aktifitas manusia maupun proses alam.

Pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat  menyebabkan volume, jenis dan karakteristik dari sampah semakin beragam.

Pengelolaan sampah yang terjadi selama ini belum sesuai dengan metode dan teknik berwawasan lingkungan sehingga menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan masyarakat.

 Prinsip dasar pengelolaan sampah yang ideal dan ramah lingkungan harus diawali dengan perubahan cara pandang dalam memperlakukan sampah. Untuk itu perlu adanya sebuah pengelolaan sampah yang komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir dengan tujuan untuk mengubah perilaku masyarakat sehingga dapat memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat dan aman bagi kesehatan lingkungan.

 Salah satu cara yang tepat dan efektif untuk menanggulangi permasalahan sampah di masyarakat adalah dengan membentuk BANK SAMPAH.

Pemberian informasi dan sosialisai tentang BANK SAMPAH diharapkan dapat mewujudkan Kecamatan Ngawen Yang Bersih dan Sehat

Bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah untuk mewujudkan lingkungan yang sehat.
  2. Membantu bergulirnya mekanisme pasar produk olahan sampah yang dilakukan oleh masyarakat.
  3. Menjaga kontinuitas kegiatan pengeloaan sampah berbasis masyarakat dengan sistem 3R.

1 Comments

mumtahanah
Submitted On 09 Oct 2014 at 11:42 pmReply ↓
Isi tulisan masih tanggung, tolong dilanjutkan bagaimana mekanisme, dan cara atau contoh yang bisa dipraktekkan secara langsung di pedesaan.trims

Leave a Reply

Required fields are marked *

Let me know if it gets a reply
Ngawen
Alamat : Jl. Raya Klaten - Jatinom Km. 4 Ngawen, Klaten
Telp : 0272 3354016

Search