Date : 21 Aug 2015 on 10:56 am

A.      LATAR BELAKANG

     Puskesmas Manisrenggo berdiri tahun 1977 di atas tanah kas desa dengan luas tanah 1.456 m2 yang berada di Dukuh Kranggan, Desa Kebonalas, Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah. Lokasi Puskesmas Manisrenggo berjarak kurang lebih 18 km dari puncak Gunung Merapi, sehingga merupakan daerah rawan bencana. Batas wilayah di sebelah barat berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, di sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Karangnongko, di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Prambanan dan di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Kemalang. Wilayah kerja Puskesmas Manisrenggo mencakup 16 desa dengan luas wilayah 26,96km2 dan jumlah penduduk 42.642 jiwa (data demografi BPS Kabupaten Klaten tahun 2014). Wilayah kerja Puskesmas Manisrenggo merupakan daerah dataran rendah, ketinggian tanah 525 m DPL. Curah hujan 99 mm/tahun. Suhu udara 230C-330C.

    Sejarah berdirinya Puskesmas Manisrenggo berawal pada tahun 1960 yang merupakan tempat pengungsian dengan sebutan Barak Merapi. Selanjutnya pada tahun 1964 digunakan sebagai sarana pengobatan dengan nama BKIA yang memberikan pelayanan kesehatan sederhana dan petugas sangat terbatas. Selanjutnya pada tahun 1977 dibangun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang melayani pengobatan umum serta Kesehatan Ibu dan Anak.

   Seiring tuntutan masyarakat yang tinggi akan kebutuhan pelayanan kesehatan, maka Puskesmas Manisrenggo ditambah dengan sarana kesehatan lainnya berupa pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) yaitu Pustu Kepurun tahun 1978, Pustu Taskombang tahun 1983, Pustu Leses tahun 1992, Pustu Kecemen tahun 1996 dan Gedung Rawat Inap tahun 1993. Lokasi gedung rawat inap Puskesmas Manisrenggo terpisah dengan gedung induk Puskesmas Manisrenggo dengan jarak kurang lebih 3 km. Gedung Rawat Inap Puskesmas Manisrenggo berdiri di atas tanah kas desa dengan luas tanah 2000 m2 yang berada di Desa Barukan, Manisrenggo, Klaten. Dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, Puskesmas Manisrenggo memberikan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Untuk mencapai tujuan tersebut maka Puskesmas Manisrenggo  selalu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, meliputi sarana prasarana kesehatan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan pengembangan program, misalnya pembangunan dan perbaikan gedung, pelayanan USG, penambahan jenis pemeriksaan laboratorium, pelayanan fisioterapi, pengadaan simpus dan media penyuluhan yang lebih baik. Mulai tahun 2011 Puskesmas Manisrenggo dilengkapi dengan pengembangan program Pelayanan Kesehatan Jiwa,  yang merupakan salah satu  pelayanan unggulan dari Puskesmas Manisrenggo.

 

B.       Tujuan

    Memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu secara maksimal untuk masyarakat dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat secara  berkesinambungan melalui kegiatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.


Manisrenggo
Alamat : Kranggan Kebonalas Manisrenggo Klaten
Telp : 0821-3852-0184

Search

News Categories

welcome

Selamat datang di Puskesmas Manisrenggo