Karnaval Kirab Budaya Bumi Loh Jinawi

Kirab Budaya Loh Jinawi Manisrenggo Diikuti Ratusan Kesenian

BERITA KLATEN-Kota Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah nampak gegap gempita dengan adanya  kirab budaya loh jinawi di jalan utama Manisrenggo, Selasa (28/8/2018). Warga masyarakat Manisrenggo menyemut di sepanjang jalan yang dilewati peserta kirab budaya.

Dalam kirab budaya loh jinawi diikuti sebanyak 16 desa yang ada di Wilayah Kecamatan Manisrenggo, juga diikuti oleh warga Desa Bawukan, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Kemampuan berkesenian yang ada di semua desa di Kecamatan Manisrenggo ditampilkan semua  dalam kirab budaya loh jinawi ini. Kesenian yang ditampilkan antara lain jatilan, musik, seni berpakaian wayang, dan seni-seni yang lain. Dalam kirab budaya ini juga ada kirab gunungan.  Sejumlah 16 desa membuat gunungan dari hasil bumi,  dan kantor Kecamatan Manisrenggo juga membuat gunungan hasil bumi.

Gunungan hasil bumi yang merupakan loh jinawi (kesuburan bumi) kemudian dijajarkan di depan panggung kehormatan yang berada di dekat dengan Mapolsek Manisrenggo. Setelah didoakan sebagai ucapan syukur kepada pencipta alam semesta kemudian ketika gunungan-gunungan hasil bumi akan diangkat, gunungan hasil bumi  sudah untuk rebutan para warga masyarakat Manisrenggo yang berada di sekitar panggung kehormatan. Para warga masyarakat yang berebut hasil bumi membawa tas plastik  untuk wadah hasil bumi yang berhasil diraihnya. Gunungan hasil bumi  terdiri bahan sayur  antara lain terong, buncis, kacang panjang, lombok, pare, wortel, dan lainnya. Juga dipasang buah-buahan ialah jeruk, semangka, salak, pepaya, pisang, ketela, dan lainnya.

Leave a Response

Puskesmas Manisrenggo

  • Alamat
    Kranggan, Kebonalas, Manisrenggo
  • Telpon
    0812-1517-6619
  • Email
    puskesmanisrenggo@gmail.com
  • Web
    http://dinkesklatenkab.com/manisrenggo
Kontak Kami