Date : 17 Nov 2015 on 08:53 pm | Comments : (0)

KLATEN, Independent News Online ; Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Klaten mewajibkan Puskesmas yang berada di sepanjang jalur utama untuk buka selama 24 jam mulai H-7 sampai H+7. Kebijakan itu diambil untuk membantu aparat keamanan menjamin lancarnya arus mudik dan menghadapi insiden yang tidak terduga di jalan raya.
 
Kepala Dinkes Klaten, dokter Ronny Roekminto mengatakan, Puskesmas yang berada di sepanjang jakur pokok Jl Yogya-Solo ada sekitar empat lokasi. ''Petugas akan siap siaga di lokasi selama 24 jam,'' ungkapnya, Selasa (14/8).
 
Puskesmas yang berada di sepanjang jalur mudik utama antara lain Puskesmas Prambanan, Jogonalan, Klaten Utara dan Delanggu. Keempat Puskesmas itu selain berada di ruas jalan utama juga memiliki kelengkapan peralatan lebih dibanding wilayah lain. Bahkan ada yang merupakan Puskesmas rawat inap.
 
Penugasan kepada Puskesmas tersebut menurutnya ditujukan untuk membantu dan menjamin kenyamanan pemudik. Selain itu untuk memantau kesehatan masyarakat secara umum saat mendekati lebaran yang biasanya diikuti konsumsi makanan tinggi. Dengan siaga 24 jam, apabila ada kejadian laka lantas atau berkait kesehatan warga akan segera bisa ditangani.
 
Posko Mudik
Di Puskesmas tersebut, tambah Ronny, selain ditugaskan tenaga medis dan dokter, akan disiapkan satu unit mobil ambulan untuk penunjang mobilitas penanganan pasien. Koordinasi penugasan Puskesmas tersebut nantinya akan dikoordinasikan dengan Pemkab yang akan membentuk posko mudik lebaran.
 
Selain Puskesmas, pada setiap posko akan disiagakan tenaga medis untuk menangani warga yang kelelahan di jalan. Koordinasi selain dilakukan dengan posko akan dikoordinasikan dengan kepolisian sehingga jika terjadi kecelakaan akan ada penanganan yang cepat.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Klaten, Nurcholis Madjid, SE mengatakan jalur di Klaten merupakan jalur utama mudik melalui jalur selatan. Semakin hari intensitas kendaraan semakin tinggi sehingga Pemkab mestinya siaga.
 
"Pemudik yang memilih jalur selatan akan melintas dan itu perlu antisipasi," ungkap dia.
 
Menurutnya, selain tenaga medis dan mobil, Puskesmas diharapkan juga memantau kesehatan warga sekitar. Sebab saat menjelang lebaran, persoalan kesehatan warga akan lebih kompleks. (Anto)

Leave a Reply

Required fields are marked *

Let me know if it gets a reply
Klaten Utara
Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan, Klaten Kode Pos 57431
Telp : 0272 326650

Search