Date : 17 Nov 2015 on 03:13 am | Comments : (0)

TAOGE MENCEGAH PENUAAN DINI
 
Manfaat Tauge Bagi Kesehatan. Toge biasa disebut juga dengan tauge, taoge, kacambah, cambah dan tokolan.  Toge paling sering dijadikan sebagai sayuran dan banyak mengandung banyak sifat senyawa fitokimia. Mengkonsumsi toge sebaiknya dalam keadaan mentah, agar zat muda dalam tauge masih utuh. Namun bagi anda yang tidak dapat memakan toge dalam keadaan mentah dapat dicampurkan dengan sup yang hampir selesai masak dan jangan memasak toge sampai matang.

 

Selain itu anda dapat mecelupkan toge sesaat pada air yang telah mendidih lalu ditiriskan. Dengan cara ini, kandungan vitamin C dan enzim dari toge yang rusak diperkirakan hanya 20 persen. Jika direbus lama, kerusakan kandungan nutrisinya dapat mencapai kurang lebih 60 persen.
 
Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari toge :
 
1. Mencegah Penuaan Dini
Sayuran ini merupakan sayuran yang dapat membuat kita awet mudah karena dapat mencegah penuaan dini. Toge mengandung antioksidan yang kuat dan sangat padat sehingga melindungi tubuh dari radikal bebas. 

2. Mencegah Kanker
Dalam proses terbentuknya toge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, toge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda toge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meninggalkan usus besar ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat memicu terjadinya kanker.
Bagi para wanita rajin mengonsumsi kecambah toge dapat mencegah kanker panyudara. Kecambah kedelai kaya akan senyawa anti kanker. Senyawa genistin akan bekerja lebih efektif ketika sudah berbentuk benih kecambah dan akan menekan kanker. Saat itu, genistin akan bekerja secara aktif menghambat pasokan makanan bagi sel-sel kanker sehingga mereka mati.
 
3. Meningkatkan Kesuburan
Kandungan vitamin E dalam sayuran toge dapat membantu mengurangi gangguan pramenstruasi, keluhan menstruasi, pramenopause, dan gangguan akibat menopause.



4. Menjaga dan Meningkatkan Keasaman Lambung
Ada beberapa orang yang ketika mengkonsumsi kacang akan merasa kembung ini karena mereka terlalu sensitif terhadap oligosakarida. Untuk mendapatkan gizi kacang-kacangan tanpa kembung, taoge mungkin salah satunya karena bersifat basa. 
 
5. Untuk kecantikan
Toge juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam pada wajah, jerawat, menyuburkan rambut, tubuh langsing, membantu meremajakan dan menghaluskan kulit.

6. Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis
Kandungan dari estrogen alami yang ditemukan dalam tauge berfungsi dengan sintesis estrogen dan tanpa efek samping. Estrogen ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan struktur tulang, serta mencegah osteoporosis atau kerapuhan tulang.

7. Mencegah Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan saponin dalam toge dapat menghancurkan lemak jahat LDL tanpa mempengaruhi lemak baik HDL. Pada toge kandungan saponinnya sangat tinggi karena pada saat proses dari biji-bijian menjadi kecambah kadar saponinnya naik menjadi 450%.
Bagi penderita stroke dan serangan jantung yang disebabkan oleh lemak darah melambung, sebaiknya juga mengkonsumsi sayuran taoge.
 
8. Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan saponin dalam toge diketahui juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya sel-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, toge kaya akan zat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel DNA


Leave a Reply

Required fields are marked *

Let me know if it gets a reply
Klaten Utara
Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan, Klaten Kode Pos 57431
Telp : 0272 326650

Search