Date : 09 Jul 2013 on 10:59 am | Comments : (2)

Sariawan adalah keluhan sehari-hari bagi sebagian orang. Umumnya tidak terlalu berbahaya, namun sangat menganggu karena membuat orang susah makan dan bahkan terasa sakit saat mulut dipakai untuk berbicara. Bagaimana menangkalnya?


Bagi kebanyakan orang, sariawan hanya muncul sesekali misalnya setelah bibirnya terigigit atau kondisi kesehatannya sedang menurun. Namun bagi sebagian yang lain, sariawan adalah keluhan rutin yang kerap kambuh pada waktu-waktu yang tidak terduga.

Dampak dari luka di bibir maupun rongga mulut ini cukup mengganggu keseharian. Jangankan untuk makan, untuk berbicara saja terkadang terasa sangat menyiksa. Begitu pula saat minum dan menggosok gigi, rasa sakitnya seringkali tidak tertahankan.

Penyebab pasti sariawan tidak selalu diketahui, namun berbagai faktor diketahui bisa meningkatkan risiko. Misalnya saja, stres dan kondisi hormonal yang tidak seimbang, maupun beberapa gangguan di saluran pencernaan bisa meningkatkan risiko sariawan.

Kebanyakan keluhan sariawan akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa pekan dan sangat jarang memicu dampak yang serius. Namun demikian, dianjurkan untuk memeriksakan diri jika dalam 3 pekan tidak sembuh supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Beberapa cara mudah namun efektif untuk menangkal sariawan adalah sebagai berikut seperti dikutip dari Indiavision, Selasa (9/7/2013).

1. Jangan makan makanan keras, pilih yang lembut agar sariawan lebih cepat sembuh.
2. Hindari makan pedas, panas dan asam.
3. Gunakan sikat gigi yang lembut. Gosok gigi secara rutin setelah makan bisa mencegah munculnya sariawan.
4. Ganti sikat gigi sebulan sekali.
5. Minum banyak jus jeruk, sebab sariawan yang sering kambuh bisa juga dipicu oleh kekurangan vitamin C.
6. Kumur dengan air hangat dan dingin bergantian sebab cara ini cukup ampuh menyembuhkan sariawan.
7. Hindari mengunyah permen karet karena sariawan sering berawal dari gigitan yang tidak sengaja terhadap permukaan lidah maupun dinding rongga mulut.
8. Minuman seperti teh dan kopi juga perlu dihindari.
9. Banyak mengonsumsi yoghurt juga bisa membantu meredakan sariawan.
10. Untuk sementara kurangi daging dan ikan (sumber protein hewani) karena bisa meningkatkan keasaman tubuh. Kondisi ini memperlama kesembuhan sariawan.
11. Makan bawang merah mentah-mentah, sebab makanan ini kaya akan sulfur. Jika tidak enak dimakan langsung, sajikan dalam bentuk salad.
12. Jika ada, oleskan salep gooseberry pada luka sariawan untuk mempercepat proses penyembuhan.


2 Comments

hermawan
Submitted On 09 Jul 2013 at 11:18 amReply ↓
ternyata begitu ya... bagus., puskesmas klaten ada webnya skg,,,
klaten tengah
Submitted On 09 Jul 2013 at 11:38 amReply ↓
Makasih Mas Hermawan ...


Leave a Reply

Required fields are marked *

Let me know if it gets a reply
Klaten Tengah
Alamat : Jl. Bali No. 6 Klaten
Telp : 0272 321909

Search

Selamat Datang di Puskesmas Klaten Tengah