Date : 09 Jul 2013 on 10:57 am | Comments : (2)

Osama bin Laden tewas setelah disergap pasukan AS di Abbotabad. 

Sebuah laporan pemerintah yang bocor mengatakan Pakistan tidak mampu dan lalai dalam mendeteksi keberadaan Osama Bin Laden yang tinggal hampir satu dekade di negara itu.

Versi laporan bocor yang diterima oleh stasiun televisi al-Jazeera mengatakan bahwa pembunuhan Bin Laden oleh pasukan AS merupakan sebuah aksi kriminal pembunuhan yang diperintahkan oleh Presiden Barack Obama.

Laporan pemerintah juga mengungkap secara detail tentang keberadaan pemimpin al-Qaeda dan lehidupan sehari-harinya setelah dia meninggalkan Afghanistan pada tahun 2001.

Bin Laden sebelumnya tewas oleh Pasukan AS pada bulan Mei 2011.

Kecurigaan AS terhadap lokasi Bin Laden pada saat itu sempat dimentahkan oleh pemerintah Pakistan.


Hanya asumsi



Aksi pasukan khusus AS, Navy Seal dalam penyergapan Osama bin Laden sempat membuat hubungan kedua negara memanas.

Tidak lama setelah aksi pasukan AS tersebut Parlemen Pakistan meminta dibentuknya tim penyelidik independen -Komisi Abbotabad-untuk mencari tahu apakah kegagalan pemerintah dalam mendeteksi keberadaan Bin Laden kerena ketidakmampuan pemerintah atau karena adanya kolusi dengan al-Qaeda.

Tim ini juga ditugaskan untuk menyelediki kegagalan intelijen Pakistan dalam mendeteksi kegiatan CIA yang melakukan serangan di negara tersebut yang menurut mereka telah mempermalukan rakyat Pakistan.

Laporan mengatakan bahwa intelijen Pakistan juga gagal mendeteksi kegiatan yang tidak biasa selama enam tahun Osama bersembunyi di Abbotabad.

Kepala Komisi Abbotabad, Javed Iqbal yang mengomentari tentang kebocoran laporan tersebut mengatakan kepada televisi Pakistan, Dunya TV bahwa laporan yang bocor itu hanya berdasarkan asumsi dan isinya tidak termasuk di dalam 100 rekomendasi yang dibuat oleh komisi itu berdasarkan temuan yang mereka dapatkan.


2 Comments

Ivan
Submitted On 09 Jul 2013 at 11:14 amReply ↓
masa iya sih begitu...?
Admin Puskesmas
Submitted On 14 Jul 2013 at 03:41 pmReply ↓
iya mas. memang begitu.. grin


Leave a Reply

Required fields are marked *

Let me know if it gets a reply
Alamat : jln.deles,keputran,kemalang,klaten
Telp : 0272 3359104

Search

Welcome

selamat datang dipuskemas kemalang...