Date : 17 Nov 2015 on 03:25 am | Comments : (4)

 

Strategi untuk Menekan Penyebaran HIV/AIDS

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional  12 November 2015 kemarin, Puskesmas Karangdowo mengikuti Lomba Jalan Sehat deangan membawa atribut- atribut Promosi Kesehatan meliputi Poster Cuci Tangan Pakai Sabun, Gerakan Anti Jentik Nyamuk, Stop BABS, Budayakan ASI Eksklusif dan STOP HIV/AIDS. Kampanye ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar selalu Hidup Sehat. Selain itu, Kami Puskesmas Karangdowo juga membagikan leaflet kesehatan kepada warga sekitar yang antusias melihat kampanye ini. Bukan hanya itu lagu - lagu promosi kesehatan yang kami nyanyikan diiringi irama kentongan yang indah juga membuat warga sangat antusias melihat kampanye kami. 

Strategi untuk menekan penyebaran HIV/AIDS, menjadi penting dengan membangun sistem yang mampu memutus rantai reproduksi sosial bagi kalangan pekerja seks, mulai dari hulu sampai ke hilirnya. Sehingga sangat penting untuk membangun berbagai upaya untuk menekan penyebaran HIV/AIDS  melalui beberapa langkah strategis meliputi :

  1. Kampanye anti HIV/AIDS menjadi bagian program preventif, untuk memberikan informasi mengenai penularan, penyebaran, maupun upaya untuk tidak melakukan perilaku seks yang tidak sehat. Salah satunya dengan kampanye untuk perilaku seks aman dengan tidak berganti-ganti pasangan, pemggunaan kondom bagi kelompok resiko tinggi termasuk penggunaan kondom wanita, juga bagi kalangan pengguna jarum suntik untuk tidak menggunakan suntik secara bergantian. Media KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) berkaiatan dengan kampanye HIV/AIDS ini bisa melalui poster, sticker, termasuk kampanye malalui radio dan televisi termasuk media massa.
  2. Pentingnya membangun komunitas peduli HIV/AIDS, merupakan salah satu upaya untuk mendorong kepedulian masyarakat untuk turut serta menekan penyebaran HIV/AIDS, melalui agen-agen perubahan sosial untuk membangun awareness (penyadaran) bagi masyarakat untuk turut serta menekan penyebaran HIV/AIDS.
  3. Pemantauan HIV pada pekerja seks di semua kota di Indonesia harus dilaksanakan dengan lebih cermat terutama menekan penyebaran virus HIV mematikan ini. Salah satu upaya yang sudah dilakukan dengan adanya Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur yang mewajibkan pemakaain kondon 100% bagi pekerja seks atau kelompok resiko tinggi, harus terus dievaluasi dan dikawal pelaksanannya. Intervensi perubahan perilaku pada pekerja seks dan pelanggannya amat perlu diintensifkan baik dengan edukasi maupun melalui kebijakan atau regulasi pemakaian kondom dengan mekanisme pelaksanaan yang jelas dan terukur seperti dianjurkan oleh WHO. Tantangan utama pelaksanaan regulasi ini adalah dalam hal perubahan paradigma pemegang otoritas (bupati, walikota, DPRD) dari memusuhi menjadi mengakui keberadaan pekerja seks. Syarat mutlak pelaksanaan Program Pemakaian Kondom 100% adalah dengan mengikut sertakan pekerja seks dan mucikari  mereka dalam perubahan perilaku. Dalam situasi epidemi semacam ini aspek kesehatan masyarakat harus dikedepankan dibanding aspek-aspek lainnya seperti moral.
  4. Intervensi penularan melalui seksual pada pekerja seks dan kelompok resiko tinggi amat perlu untuk diintensifkan dan hasilnya dievaluasi secara berkala dengan melakukan survei perilaku pada pekerja sesks, termasuk melalui pemeriksaan IMS (Infeksi Menular Seksual) termasuk VCT secara rutin minimal 3 bulan sekali bekerjasama dengan pihak Puskesmas setempat, Rumah Sakit dan Lembaga Swadaya Masyarakat yang peduli HIV/AIDS.

4 Comments

Jelly Gama Ungaran
Submitted On 02 Feb 2016 at 09:27 amReply ↓
Informasi yang sangat bagus, semoga upayanya bisa berjalan baik sehingga bisa bermanfaat lebih. salam sehat

Jelly Gama Ungaran
Submitted On 02 Feb 2016 at 09:27 amReply ↓
Informasi yang sangat bagus, semoga upayanya bisa berjalan baik sehingga bisa bermanfaat lebih. salam sehat
Admin Karangdowo
Submitted On 23 Jun 2016 at 03:33 amReply ↓
terimakasih atas komentarnya.... amin.. semoga selalu bermanfaat.. salam sehat kembali


Toko Obat Herbal Ungaran
Submitted On 06 Aug 2016 at 03:42 amReply ↓
Terima kasih infonya, kegiatan yang sangat bagus, dengan kegiatan ini akan lebih bisa memberikan pengetahuan lebih akan pentingnya menghindari hal buruk ini.. sukses my site : Toko Obat Herbal Ungaran

Leave a Reply

Required fields are marked *

Let me know if it gets a reply
Karangdowo
Alamat : Sentono, Karangdowo Kode Pos 57464
Telp : 0272 898315

Search

SELAMAT DATANG DI PUSKESMAS KARANGDOWO

KARANGDOWO PASTI!!!!!