Date : 23 May 2014 on 10:44 am

Kecamatan Kalikotes terletak pada ketinggian 200 m di atas permukaan laut, termasuk wilayah datar, dengan iklim tropis di mana musim hujan dan kemarau silih berganti sepanjang tahun. Suhu maksimum 340 C  suhu minimum  240 C. Kecamatan Kalikotes merupakan salah satu kecamatan dari 26 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Klaten, propinsi Jawa Tengah. Letak lintang selatan berada di 07o42’28.8”, Letak bujur 110o36’51.7”Jarak antara Kecamatan dengan Ibu kota Kabupaten kurang lebih 6 Km sehingga kecamatan ini bukan merupakan kecamatan yang terisolir.

 

Batas-batas kecamatan Kalikotes ;

-      Sebelah Utara              : Kecamatan Klaten Utara

-      Sebelah Selatan           : Kecamatan Bayat

-      Sebelah Timur             : Kecamatan Trucuk

-      Sebelah Barat              : Kecamatan Klaten Tengah

Lalu lintas utama di kecamatan Kalikotes terdapat di jalan Tambaksari – Pasar Gentongan. Yang merupakan lalu lintas 2 arah yaitu dari timur ke barat dan sebaliknya,dengan intensitas pemakaian tinggi.

Dalam menjalankan peran dan fungsi sebagai Puskesmas Induk,Puskesmas Kalikotes mempunyai dua Puskesmas Pembantu

Selain Puskesmas Pembantu, di masing – masing desa wilayah kerja Puskesmas Kalikotes  ada 6 desa yang memiliki PKD dibawah binaan 1 bidan desa.

    Puskesmas Kalikotes melaksanakan 6 Upaya Kesehatan Wajib ( Basic Six) diantaranya :

  1. Promosi Kesehatan
  2. Kesehatan Lingkungan,
  3. Kesehatan Ibu dan Anak dan Keluarga Berencana,
  4.  Perbaikan Gizi Masyarakat,
  5.  Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular serta
  6.  Pengobatan.

 Sedangkan Upaya Kesehatan Pengembangan yang dilaksanakan antara lain

  1.  Upaya Kesehatan Indra
  2.  Upaya Kesehatan Jiwa
  3.  Upaya Kesehatan Olah Raga
  4.  Upaya Kesehatan Sanitasi
  5.  Upaya Kesehatan Perkesmas
  6.  Upaya Kesehatan Laktasi
  7.  Upaya Kesehatan Santun Lansia
  8.  Upaya Kesehatan Posbindu
  9.  Upaya Kesehatan Reproduksi / Puskesmas Sahabat Remaja
  10. Upaya Kesehatan UKS / UKGS
  11. Upaya Kesehatan PMS

 

Di samping itu, Puskesmas Kalikotes juga mempunyai fasilitas yang mendukung dan memadai antara lain Pelayanan IGD 7 Jam, Di tahun 2014 telah dilakukan rehab rumah dinas dokter dialihfungsikan sebagai perkantoran

Klinik Sanitasi dan Klinik Laktasi yang dilaksanakan oleh tenaga yang kompeten di bidangnya melengkapi pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas Kalikotes.

Pelayanan kesehatan tidak hanya dilakukan di Puskesmas Induk,PKD ada di setiap desa dengan satu orang bidan sebagai bidan pembina desa. Di samping itu terdapat pula 2 Puskesmas Pembantu yang terletak di posisi yang strategis sehingga memudahkan akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Pasien yang berkunjung ke Puskesmas bukan hanya berasal dari wilayah kerja Puskesmas Kalikotes, Animo masyarakat dari luar wilayah pun sangat tinggi. Oleh karena itu, Puskesmas Kalikotes dituntut untuk lebih profesional dalam pelayanan kepada masyarakat dan menjalankan tugas pokok dan fungsinya guna mewujudkan visi dan misi Puskesmas.


Kalikotes
Alamat : Tambaksari, Gemblegan, Kalikotes, Klaten
Telp : 0272 327613