Date : 21 Sep 2016 on 05:09 am | Comments : (0)

Kelas Bumil

Kelas Ibu Hamil pada bulan Agustus 2016 sudah mulai dilaksanakan,di Desa-desa di wilayah kecamatan Kalikotes.Kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular dan akte kelahiran.

Kelas Bumil

Sebagai fasilitator atau nara sumber  Bidan Koordinator Puskesmas Kalikotes dan Bidan Desa setempat, dibantu kader dari Desa.Dan sasarannya  / peserta adalah  ibu hamil dengan umur kehamilan 20 s/d 32 minggu, karena pada umur kehamilan ini kondisi ibu sudah kuat, tidak takut terjadi keguguran, efektif untuk melakukan senam hamil. Jumlah peserta kelas ibu hamil maksimal sebanyak 10 orang setiap kelas.

Kelas Bumil

Pertemuan kelas ibu hamil dilakukan 3 kali pertemuan selama hamil. Pada setiap pertemuan materi kelas ibu hamil yang akan disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ibu hamil. Pada setiap akhir pertemuan dilakukan senam hamil. Senam hamil ini merupakan kegiatan/materi ekstra di kelas ibu hamil, diharapkan dapat dipraktekan setelah sampai di rumah. Waktu pertemuan disesuaikan dengan kesiapan ibu-ibu, bisa dilakukan pada pagi atau sore hari dengan lama waktu pertemuan 120 menit termasuk senam hamil 15-20 menit.

 


Leave a Reply

Required fields are marked *

Let me know if it gets a reply
Kalikotes
Alamat : Tambaksari, Gemblegan, Kalikotes, Klaten
Telp : 0272 327613