Date : 21 Aug 2015 on 10:01 am | Comments : (0)

Jakarta, Bibir atas wanita ini tampak bengkak dan memerah. Namun siapa sangka di balik bibirnya bengkak itu ada sesuatu yang mengejutkan.
 
Baru-baru ini sebuah video yang beredar di situs berbagi YouTube sukses menggemparkan media sosial. Bagaimana tidak, dalam video itu terlihat seorang dokter sedang mengeluarkan seekor belatung dari bibir pasien wanita.

Dalam video itu hanya diperlihatkan bibir atas si pasien membengkak hingga hampir sebesar anggur dan berwarna merah gelap. Kemudian pasien tampak berada dalam posisi berbaring.

Setelah itu seorang dokter yang mengenakan sarung tangan putih terlihat membawa penjepit dan berusaha mengeluarkan larva hidup dari dalam bibir pasien yang bengkak tadi.

Upaya si dokter untuk menarik keluar belatung tersebut nyatanya tidaklah mudah. Ia harus berulang kali menggunakan penjepitnya untuk menarik belatung tersebut, namun tiap kali sebagian tubuhnya perlahan mulai keluar, si belatung nampaknya 'enggan' untuk diangkat.

Si dokter baru bisa mengeluarkan seluruh tubuh si belatung dalam kurun waktu lebih dari satu menit. Demikian seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (21/8/2015).

Kendati demikian, si pasien justru tidak terlihat kesakitan, dan ia tetap berbaring tenang saat belatung diambil dari dalam bibirnya. Setelah berhasil dikeluarkan, kamera menyorot belatung tersebut sehingga dapat diperkirakan bahwa belatung ini cukup besar dan memiliki panjang sekitar 1 inci.

Baca juga: 5 Hewan yang Pernah 'Bersarang' di Tubuh Manusia, Belatung dan Belut Hidup

Video berdurasi 1,5 menit ini telah ditonton lebih dari 550.000 kali sejak pertama kali diunggah pada Maret lalu. Sayangnya video itu tidak disertai dengan keterangan seperti identitas si pasien dan dimana tindakan medis itu dilakukan, atau penjelasan tentang bagaimana bisa ada belatung dalam bibir pasien.

Diduga pasien ini mengidap oral myasis, sebuah gangguan langka di mana larva serangga menginfeksi dan tumbuh di dalam jaringan mulut maupun hidung manusia. Kondisi semacam ini tergolong berbahaya karena larva tersebut dapat naik ke otak dan berakibat fatal.

Namun dari sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Contemporary Clinical Dentistry, larva yang 'bersemayam' di mulut atau bibir tergolong sangat langka. Normalnya, ini terjadi karena larva serangan masuk ke dalam kulit lewat luka. Hanya saja serangga tertentu juga bisa masuk ke dalam kulit yang sehat sekalipun.

Baca juga: Kecoak Hingga Belatung, Ragam Serangga yang Dijadikan Obat Alternatif

Maret lalu, seorang bocah perempuan asal Brazil juga dilaporkan mengalami gusi bengkak disertai nyeri. Sang ibu menambahkan, putrinya belakangan sering mengeluh ada sesuatu yang bergerak-gerak di dalam mulutnya. Ketika diperiksakan, dokter menemukan belatung bersemayam di gusi bocah bernama Ana Cardoso tersebut.

Dalam waktu tiga menit saja, dokter yang menangani Ana mengaku berhasil mengeluarkan 15 ekor belatung dari dalam gusi si kecil.(lll/up)


Leave a Reply

Comments will be validated. Required fields are marked *

Let me know if it gets a reply
Demos
Alamat : Jl. Perintis ,Kemerdekaan Klaten Kode Pos 57431
Telp : 0272-326650