• contact
    Contact us
    OFFICE
    Jl. Pemuda No. 313, 57412, Klaten
    Tel: (0272) 321572
    Email: dinkes@klatenkab.go.id


TELEPON (0272) 321572

Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu

Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu

Penanganan kesehatan yang menyebabkan adanya ancaman kematian dan memerlukan pertolongan segera(emergency medical care) harus dapat diterapkan di masyarakat (must be implemented in the field, where crises occur).

SPGDT adalah suatu sistem berupa koordinasi dari sektor kesehatan yang didukung oleh sektor lain dan kegiatan kelompok profesional pada keadaan kedaruratan medis sehari hari dan pelayanan kedaruratan medis pada saat kejadian bencana.

Prinsip SPGDT

SPGDT Merupakan suatu sistem dimana koordinasi merupakan unsur utama yang bersifat multi sektor dan harus ada dukungan dari berbagai profesi bersifat multi disiplin dan multi profesi untuk melaksanakan dan penyelenggaraan suatu bentuk layanan terpadu bagi penderita gawat darurat baik dalam keadaan sehari-hari maupun dalam keadaan bencana dan kejadian luar biasa.
Didalam memberikan pelayanan medis SPGDT dibagi menjadi 3 sub sistem yaitu : sistem pelayanan pra rumah sakit, sistem pelayanan pelayanan di rumah sakit dan sistem pelayanan antar rumah sakit. Ketiga sub sistem ini tidak dapat di pisahkan satu sama lain, dan bersifat saling terkait dalam pelaksanaan sistem.

Prinsip SPGDT adalah memberikan pelayanan yang cepat, cermat, dan tepat, dimana tujuannya adalah untuk menyelamatkan jiwa dan mencegah kecacatan (time saving is life and limb saving) terutama ini dilakukan sebelum dirujuk ke rumah sakit yang dituju.

Tags: spgdt, spgdt klaten, klaten, dinkes, dinkes klaten, dkk klaten, Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu


2 Komentar "Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu"
  • bwahono 17 Oct 2014 at 03:27 pm
    data dan fasilitas rumah sakit pada nggak uptodate gemana Reply
  • gunawan tri p 03 Oct 2015 at 11:27 am
    Yth pejabat dinas kesehatan kab klaten mohon untuk pengajuan fogging didaerah klepu klepu ceper klaten dikarena udah ada banyak korban DB sudah 4 orang anak tolong ini menjadi perhatian khusus semua ada korban lagi. Suwun Reply
Tinggalkan Komentar

Masukkan identitas anda.

Beritahu saya jika mendapat balasan.


© 2013 Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten | Develop by Garuda Multi Talent, all rights reserved.