• contact
    Contact us
    OFFICE
    Jl. Pemuda No. 313, 57412, Klaten
    Tel: (0272) 321572
    Email: dinkes@klatenkab.go.id


TELEPON (0272) 321572

PENERIMA JAMKESMAS: Dinkes Klaten Tegaskan Telah Kirim Validasi Data

PENERIMA JAMKESMAS: Dinkes Klaten Tegaskan Telah Kirim Validasi Data

KLATEN--Terkait warga meningal dunia  tercatat sebagai penerima kartu jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) dari pemerintah pusat, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, dr Ronny Roekmito, tegaskan pihaknya sebenarnya sudah mengirimkan hasil validasi data penerima jamkesmas setiap tiga bulan sekali kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Akan tetapi, Kemenkes tetap menggunakan database 2008 untuk menentukan jumlah penerima jamkesmas.

“Saya sudah sering mengirimkan surat ke Kemenkes. Dalam setiap pertemuan, saya juga menyampaikan agar penentuan penerima jamkesmas menggunakan data terbaru. Namun Kemenkes tidak pernah mau menerima masukan dari pemerintah daerah,” ungkap Ronny.

Ronny menjelaskan jumlah warga penerima jamkesmas yang diusulkan pada 2013 mencapai 494.905 jiwa. Sementara jumlah warga penerima jamkesmas sesuai database 2008 mencapai 396.488 jiwa.

Dia mengakui data penerima jamkesmas tersebut sudah kedaluwarsa. Tak heran banyak warga meninggal dunia yang masih tercatat sebagai penerima jamkesmas. Dia mengaku kerap mendapat protes dari kalangan kades yang tidak terima lantaran program jamkesmas salah sasaran.

“Kami sudah kenyang dengan protes warga. Namun kewenangan menentukan penerima jamkesmas adalah pemerintah pusat,” ungkap dia.

Tags: dinkes, dinkes klaten, dinas, dinas kesehatan klaten, jamkesmas klaten, PENERIMA JAMKESMAS: Dinkes Klaten Tegaskan Telah Kirim Validasi Data


2 Komentar "PENERIMA JAMKESMAS: Dinkes Klaten Tegaskan Telah Kirim Validasi Data"
  • margahayuland 07 Jun 2013 at 10:28 am
    semoga bermanfaat..salam sukses dari href="http://www.inginusaha.com/mar…2-tahun-membangun-ruang-hidup.html" rel ="dofollow">Margahayuland Reply
  • Anake Wong Kandrikalang 23 Jan 2017 at 06:37 am
    Mohon agar Dinas Kesehatan dapat memberi teguran terhadap RSI Cawas yang dalam melakukan pelayanan kesehatan kurang nyaman bagi pasien. Perlu kami informasikan bahwa pada hari kamis 12 januari 2017 keluarga dari (Almarhum Hadi Sumarno Dusun Kandrikalang, Kedungampel, Cawas) waktu itu memeriksakan almarhum untuk minta rawat inap dan infus karena kondisi almarhum sakit dan kurang dapat mencerna makanan dengan baik. Untuk menelan asupan makanan lewat mulut sakit. Tapi dari hasil pemeriksaan dokter dinyatakan sehat dan disuruh pulang. Padahal pasien merasa sakit dan ingin minta pertolongan infus, tapi fihak dokter yang memeriksa bersikeras dan menyatakan bahwa pasien sehat, dan hanya diberi penanganan berupa suntik nafsu makan. Setelah itu pasien disusuh bawa pulang ke rumah. Pagi hari berikutnya hari jumat akhirnya fihak keluarga membawa ke RSI Klaten, dan segera mendapat perawatan medis dengan cepat. Namun kondisi almarhum akhirnya tidak tertolong. Almarhum meninggal pukul 12.40 WIB, Melihat kenyataan tersebut, kami menyesalkan tindakan awal dan diaknosa dokter dari RSI Cawas yang menyatakan pasien sehat. Padahal di RSI Klaten dinyatakan kondisi yang sebaliknya malah dalam kondisi kritis. Penanganan dilakukan dengan cepat, pemasangan infus dan dibantu alat mesin medis. Berbeda jauh dari RSI Cawas. Mohon dari Dinas Kesehatan mempertimbangkan kembali pemberian izin operasional rumah sakit, apabila tidak dilakukan evaluasi terhadap SDM di RSI Cawas terkait dengan sikap dan profesionalisme dalam memberi penanganan pasient. Demikian, untuk menjadikan periksa dan terimakasih. Reply
Tinggalkan Komentar

Masukkan identitas anda.

Beritahu saya jika mendapat balasan.


© 2013 Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten | Develop by Garuda Multi Talent, all rights reserved.