• contact
    Contact us
    OFFICE
    Jl. Pemuda No. 313, 57412, Klaten
    Tel: (0272) 321572
    Email: dinkes@klatenkab.go.id


TELEPON (0272) 321572

MENKES UNGKAP BERBAGAI PENYAKIT ZOONOSIS YANG SERING DILAPORKAN DI INDONESIA

 MENKES UNGKAP BERBAGAI PENYAKIT ZOONOSIS YANG SERING DILAPORKAN DI INDONESIA

Penyakit tular vektor dan reservoir atau vector borne diseases masih merupakan masalah kesehatan penting di Indonesia. Indonesia adalah negara tropis yang kaya akan keanekaragaman satwa. Dengan demikian, Indonesia berisiko menjadi  sumber penularan penyakit zoonosis baru yang bersumber satwa liar. Selain itu, pengelolaan sumberdaya hutan dan hewan yang tidak terkendali juga dapat menyebabkan Indonesia menjadi hot spot  atau sumber wabah zoonosis. Di Indonesia, saat ini telah ditemukan sebanyak 132 spesies mikro-organisme patogen yang bersifat zoonotik.

Dalam sambutannya pada kegiatan Peluncuran Buku Atlas Reservoir Penyakit di Indonesia, di Balai Besar Penelitian  dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga (31/1), Menkes RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH menyatakan ada berbagai penyakit zoonosis yang masih sering dilaporkan di Indonesia, diantaranya Avian Influenza, Rabies, dan Leptospirosis.

Terkait Avian Influenza, Menkes menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada laporan manusia di Indonesia yang terinfeksi H5N1 clade baru 2.3.2 yang mengakibatkan kematian lebih dari 150.000 itik di 50 Kabupaten/Kota di 9 Provinsi, termasuk provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya, Menkes RI memberikan apresiasi tinggi kepada Pemerintah dan masyarakat Provinsi Jawa Tengah karena menjadi salah satu dari 9 Provinsi yang dinyatakan Bebas Rabies. Saat ini, rata-rata terjadi 142 kasus rabies per tahun, tersebar di 24 Provinsi di Indonesia.

Di samping itu, Menkes juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai munculnya Leptosprirosis. Hal ini dikarenakan pada awal tahun 2013, banjir melanda hampir di semua daerah endemis Leptospirosis, seperti Jakarta, Semarang, dan Demak. Pada tahun 2012, dilaporkan 828 kasus Leptospirosis di Indonesia dan 78 di antaranya meninggal dunia.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jendral Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline <kode lokal> 500-567; SMS 081281562620, faksimili: (021) 52921669, website www.ppid.depkes.go.id, dan alamat e-mail kontak@depkes.go.id.

Tags: dinkes, dinkes klaten, dinas kesehatan klaten, klatenkab, menkes, depkes


© 2013 Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten | Develop by Garuda Multi Talent, all rights reserved.